Pendaftaran Peserta Ngabuburit dan Menjelajah Kampung Arab Banyuwangi (20 Juli 2013)

  • Kampung Arab Banyuwangi
  • Ngabuburit ke pantai atau mall itu sudah biasa. Biar ngabuburitmu lebih seru dan tak terlupakan, yuk gabung ama kita, Komunitas Pecinta Sejarah Blambangan, dalam acara “Ngabuburit Seru, Menjelajah Kampung Arab Banyuwangi”.

    Kenapa Kampung Arab? Karena, orang Arab itu berperan besar lho dalam perkembangan agama Islam di Banyuwangi. Orang-orang Arab ini sebenarnya berasal dari Hadramaut di Yaman Selatan. Mereka awalnya datang ke Banyuwangi pada abad 17 untuk berdagang di laut Pampang (sekarang Muncar). Interaksi dalam perdagangan itulah, budaya-budaya orang Arab banyak diserap oleh masyarakat lokal, termasuk urusan agama.

    Saat VOC/Belanda menguasai Blambangan awal abad 18, pusat pemerintahan dipindah dari Pampang ke kota Banyuwangi. VOC kemudian melaksanakan kebijakan pemisahan etnis, yang dikenal dengan wijkenstelsel dan passenstelsel. Penduduk hanya diperbolehkan tinggal dalam kelompok etnisnya. Orang Arab kemudian tinggal di Kampung Arab. Kebijakan ini bertahan hingga Jepang menjajah Indonesia.

    Kita akan menjelajah bekas Kampung Arab masih bisa dijumpai di Kelurahan Lateng, tepatnya di utara terminal Blambangan. Lebih seru lagi, kita bakal bukber dengan suguhan khas Arab. Ada menu apa ajah yang kira-kira? Biar nggak penasaran, yuk langsung daftar saja, karena peserta dibatesin cuma 30 orang.

    Nggak hanya itu, buat kalian yang hobi jeprat-jepret dan nulis catatan perjalanan, ada hadiah buku “Banyuwangi Dalam Mozaik 2” bagi 1 foto dan 1 tulisan terbaik. Wih, ngabuburit Ramadhan tahun ini bakal tak terlupakan dehhhh….

    Catet pelaksanaan di bawah ini:

    Hari, tanggal = Sabtu, 20 Juli 2013
    Start = 14.00 WIB kumpul di SD Al Irsyad, depan Terminal Blambangan, Singotrunan
    Kontribusi = Rp 25 ribu
    Fasilitas = Materi, narasumber, takjil dan mamin buka bersama

    Pendaftaran :
    Daftar nama kamu dan alamat, dengan sms ke nomor hp: 081 330 106 304 / 081 285 565 98 / 081 555 219 16. Pembayaran transfer ke rekeneing BCA 1800508491, atas nama Ikaningtyas Unggraini

    Pendaftaran terakhir ditutup pada Jumat 19 Juli 2013 pukul 15.00 WIB.

    Sumber : https://www.facebook.com/ika.ningtyas.14

     

JANGAN LUPA DI SUBSCRIBE DAN DI FOLLOW YA GAESS Youtube : Mas Say Laros Banyuwangi Instagram : @massaylaros Facebook : Mas Say Laros Banyuwangi