Mengenal Macam – Macam Wangsalan Basanan dan Batekan / Byatakan Using Banyuwangi

 

 

Mengenal Macam – Macam Wangsalan Basanan dan Batekan / Byatakan Using Banyuwangi

 

 

Wangsalan Osing : adalah ragam puisi lisan osing berupa ungkapan atau pernyataan tidak langsung dengan cara memanfaatkan persamaan bunyi akhir atau sebagian bunyi jawaban atas frase yang disampaikan sebelumnya. Dengan kata lain, Wangsalan Osing adalah teka-teki yang memiliki jawaban secara tersamar pada ungkapan …yang telah disampaikan dengan ciri-ciri memiliki persamaan bunyi.

Contoh :

 

  • Wangsalan Osing yang berbunyi GELEPUNG SAWI ( memiliki makna denotatif tepung KANJI ) diasosiasikan ” JANJI “.

 

  • BELIMBING BUMI ( memiliki makna denotatif WESAH ) diasosiasikan ” SUSAH “.

 

  • NGELAWANG BANYU ( memiliki makna denotatif DAM ) diasosiasikan ” NGIDAM “. Contoh kalimat : ” Hing ono usumé poh nguwoh kok riko golet poh iku, opo rabin riko ngelawang banyu ? .”

 

Basanan Osing : adalah ragam puisi lisan osing yang di dalamnya mengandung unsur SAMPIRAN dan ISI. SAMPIRAN adalah semacam ungkapan pengantar dengan menggunakan kata atau frase yang memiliki kemiripan bunyi akhir dengan isi basanan .Sementara itu, ISI adalah pesan atau arti yang disampaikan dalam basanan. Secara garis besar basanan osing dapat dipilah menjadi dua,yakni BASANAN DUA LARIK dan BASANAN EMPAT LARIK.

Contoh :

 

  • BASANAN OSING DUA LARIK : ” Kêmbang jarak kêmbang waru / Mbêngi barak raino biru.”

 

  • Larik pertama adalah SAMPIRAN yang hanya mementingkan bunyi -RAK pada kata “Jarak” ( Paralel dengan kata “Barak” ) dan -RU pada kata “Waru” ( Par…alel dengan kata “Biru” )
  • Sedangkan larik kedua adalah ISI dari basanan tersebut yang memiliki arti ” Kalau malam nampak cerah, namun kalau siang hari namapak kusam “

 

 

  • BASANAN OSING EMPAT LARIK : ” Kêlambi cêmêng sêrual cêmêng / Dikumbah moso lunturo / Emak sing dhêmên bapak sing dhêmên / Dicêgah moso wurungo.”

 

  • Larik pertama dan kedua adalah SAMPIRAN, sedangkan larik ketiga dan keempat adalah ISI dari basanan tersebut yang memiliki arti ” Walaupun ibu dan bapak tak menyetujui hubungan kita, tak akan mengurungkan niatku untuk meneruskan hubungan kita ini “

 

Batêkan / Byatakan : adalah merupakan ragam puisi lisan osing yang berupa teka-teki.

Batêkan berbeda dengan wangsalan. Wangsalan merupakan bentuk pertanyaan tidak langsung (teka-teki) yang unsur jawabannya telah termuat secara implisit dalam bentuk persamaan bunyi dengan jawaban denotatif dari pertanyaan yang bersangkutan.

Semantara itu, batêkan merupakan teka-teki yang bersifat murni karena jawabannya harus dicari atau dicocokan dengan fenomena atau kejadian sehari-hari. Meskipun demikian, batêkan seringkali menjengkelkan karena teka-teki tersebut cenderung menggiring seseorang untuk berpikir serius ( menguras logika ), sedangkan jawabannya bersifat sederhana atau remeh.

 

Contoh batêkan :

 

  • ” Ditêkêk mloncor ? ” Jawabannya ” Kêndi “

 

  • ” Kadung ditutup ono,kadung dibukak sing ono ? ” Jawabannya

 

  • ” Pangklang sêpur “

 

 

 

MANTRA : adalah juga merupakan ragam puisi lisan Osing yang berbentuk puisi bebas dan berpotensi memiliki kekuatan gaib. Mantra tidak memiliki bait. Banyak kajian tentang puisi lisan osing yang tidak menyentuh mantra sebagai objek karena ada kesan yang mengandaikan bahwa mantra bukan merupakan puisi.

 

Mantra yang notabene merupakan do’a kesukuan adalah salah satu ekspresi kelisanan yang dari struktur tekstualnya dikategorikan sebagai puisi lisan.

Mantra Osing merupakan satu-satunya jenis puisi lisan osing yang sarat dengan unsur sakralitas. Dengan dominannya unsur sakralitas tersebut, menimbulkan citra bahwa mantra identik dengan dukun. Padahal kenyataannya tidak selalu demikian. Sebab, dalam masyarakat using, orang yang memiliki mantra tidak hanya dukun, tetapi juga orang-orang biasa atau orang-orang yang tidak berprofesi sebagai dukun.

Secara garis besar, mantra Osing dapat dipilah menjadi tiga jenis, yaitu mantra untuk penyembuhan ( Tombo ) , mantra untuk pengasihan ( Santèt ) , dan mantra untuk pembunuhan ( Sihir ). Mantra penyembuhan ( Tombo ) mengandung magi putih, mantara Santèt mengandung magi kuning dan merah, sedangkan mantra Sihir mengandung magi hitam.

 

Beberapa contoh Mantra :

 

Mantra Sabuk Mangir Banyuwangi versi 1

 

 

Bismillahir rahmanir rahim

Niat isun matêk aji Sabuk Mangir

Lungguh isun lungguhé Nabi Adam

Hang sopo ningali lungguhisun iki

Yo isun iki lungguhé Nabi Adam

Badanisun badané Nabi Muhammad

Hang sopo ningali lungguh isun iki

Yo isun iki badane Nabi Muhammad

Cahyanisun cahyane Nabi Yusuf

Hang sopo ningali cahyanisun iki

Yo isun iki cahyané Nabi Yusuf

Suaranisun suarané Nabi Daud

Hang sopo krungu suaranisun iki

Yo isun iki suarané Nabi Daud

Teko wêlas têko asih jêbyèng bayiné………..*

Asiho nyang jabyang bayinisun **

Sih asih kêrsané Gusti Allah

La ilaha illallah Muhammadur rasulullah

 

—————————————————————

* jêbyèng bayiné ( target perempuan )

jabyang bayiné ( target laki-laki )

…………… <<< diisi nama target

 

** jabyang bayinisun ( pemantra laki-laki )

jêbyèng bayinisun ( pemantra perempuan )

 

 

 

Mantra Sabuk Mangir Banyuwangi versi 2

 

Bismillahir rahmanir rahim

Niat isun matêk aji Sabuk Mangir

Isun nyalami sêdulur papat lima badan

Isun njaluk tulung siro

Isun kongkon mêlbuo nyang atiné hang sun tuju

Kêtêmu turu siro tangekêno

Kêtêmu tangi siro lungguhêno

Kêtêmu lungguh siro dêgêno

Kêtêmu ngadêg siro lakokêno

Kêtêmu mlaku siro playokêno

Ojo sampèk mandhêg

Kadhung durung turu bantalan tanganisun

Têko wêlas têko asih jêbyèng bayiné………..*

Asiho nyang jabyang bayinisun **

Sih asih kêrsané Gusti Allah

La ilaaha illallah Muhammadur Rasulullah

—————————————-

* jêbyèng bayiné ( target perempuan )

jabyang bayiné ( target laki-laki )

…………… <<< diisi nama target

 

** jabyang bayinisun ( pemantra laki-laki )

jêbyèng bayinisun ( pemantra perempuan )

===============================

Mantra Sabuk Mangir Banyuwangi versi 3

Bismillahir rahmanir rahim

Niat isun matêk aji Sabuk Mangir

Kumo putih asalé bapakiro

Kumo abyang asalé emakiro

Raganiro raganisun

Sukmaniro sukmanisun

Cahyaniro cahyanisun

Wahyuniro wahyunisun

Wêlas lan asihiro wêlas asihisun

Têko wêlas asih jebeng bayine……*

Asiho nyang jabyang bayinisun **

Sih asih kêrsané Gusti Allah

La ilaha illallah

Muhammadur rasulullah

——————————————

* jêbyèng bayiné ( target perempuan )

jabyang bayiné ( target laki-laki )

…………… <<< diisi nama target

 

** jabyang bayinisun ( pemantra laki-laki )

jêbyèng bayinisun ( pemantra perempuan )

 

=================================

Mantra Jaran Goyang Banyuwangi versi 1

 

Bismillahir rahmanir rahim

Niat isun matêk aji jaran goyang

Sun goyang ring têngah latar

Sun sabêtakên gunung jugrug

Sun sabêtakên lêmah ungkrêg

Sun sabêtakên sêgoro asat

Sun sabêtakên ombak sirêp

Sun sabêtakên atiné jêbyèng bayiné….*

Kadhung èdyan hang èdyan

Kadhung wêlas hang wêlas

Kadhung asih hang asih

Ojo mari-mari

Kadhung sing isun hang nambyani

Sih asih kêrsané Gusti Allah

La ilaaha illallah

Muhammadur rasulullah

=======================================

* jêbyèng bayiné ( target perempuan )

jabyang bayiné ( target laki-laki )

…………… <<< diisi nama target

————————————————–

Mantra Jaran Goyang Banyuwangi versi 2

 

Bismillahir rahmanir rahim

Niat isun matêk aji Jaran Goyang

Sun goyang ring têngah latar

Sun wolak walik atiné

Sun wêjêg-wêjêg pikiré

Sun kerik-kerik sikilé

Kêcaruk turu sun tangèkêno

Kêcaruk tangi sun lungguhêno

Kêcaruk lungguh sun dêgêno

Kêcaruk ngadêg sun lakokêno

Kêcaruk mlaku sun playokêno

Sun kênèngêno jêbyèng bayiné…..*

Kadhung èdyan hang èdyan

Ojp mari-mari

Kadhung sing isun hang nambyani

Sih-asih kêrsané Gusti Allah

La ilaha illallah Muhammadur Rasulullah

 

=======================================

* jêbyèng bayiné ( target perempuan )

jabyang bayiné ( target laki-laki )

…………… <<< diisi nama target

————————————————–

Mantra Jaran Goyang Banyuwangi versi 3

 

Bismillahir rahmanir rahim

Niat isun matêk aji Jaran Goyang

Sun goyang ring têngah latar

Sêdulur Papat limo badan

Kaki dhanyang nini dhanyang

Bapak dhanyang êmak dhanyang

Kumo putih asalé byapakiro

Kumo abyang asalé êmakiro

Rohiro mandi rohisun mandi

Sukmaniro mandi sukamanisun mandi

Ciptaniro mandi ciptanisun mandi

Sun antêmakên nyang jêbyèng bayiné……….*

Kadhung èdyan poco’o èdyan

Ojo mari-mari

Kadhung sing isun hang nambyani

Sih-asih kêrsané Gusti Allah

La ilaha illallah

Muhammadur Rasulullah

 

=================================

* jêbyèng bayiné ( target perempuan )

jabyang bayiné ( target laki-laki )

…………… <<< diisi nama target

 

——————————————

 

 

PIN BBM Mas Say Laros 5FC71F82

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: