Ngruwat/Selamatan Bersih Desa Sumbermulyo 2012 Bareng Paguyuban Jaranan Campursari ‘’TRISNO BUDOYO’’ Pesanggaran Banyuwangi

Sabtu,24 November 2012

Salam Jenggirat Tangi…

Selamat Datang Di Padepokan Mas Say Laros…

                  Selamatan bersih desa atau masyarakat jawa biasa mengenal dengan sebutan Ngruwat Desa adalah sebuah tradisi pada masyarakat jawa untuk memohon kepada Tuhan agar supaya desanya terhindar dari marabahaya. Nach begitu juga dengan masyarakat desa sumbermulo kecamatan pesanggaran kabupaten banyuwangi ini,agar supaya desa sumbermulyo terhindar dari marabahaya maka seluruh elemen masyarakat sumbermulyo berpartisipasi dalam acara Ngruwat Desa Sumbermulyo 2012 ini.

                  Masyarakat sumbermulyo yang terkenal dengan semangat gotong royongnya ini terlihat antusias menyambut kegiatan tahunan ini.Hal ini dapat kita lihat hampir seluruh masyarakat berkumpul dibalai desa sumbermulyo untuk kerja bakti membersihkan lokasi acara.Sedangkan untuk kaum hawa ikut membantu memasak hidangan bagi warga yang datang dan juga para tamu terhormat yang sengaja hadir dalam acara bersih desa ini.

                  Acara ini berlangsung selama dua hari yaitu mulai hari sabtu,24 November 2012 dengan menyuguhkan hiburan berupa Kesenian Jaranan Campursari ‘’TRISNO BUDOYO’’ Pesanggaran Banyuwangi mulai pukul 10:00 WIB – 16:30 WIB sedangkan sabtu malam minggu pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Yuwono Lebdo Carito dari Stembel Gambiran Banyuwang.Sedangkan pada hari minggu,25 November 2012 Ngruwat Desa sumbermulyo.

                  Selamatan Bersih Desa Sumbermulyo 2012 yang bertemakan ‘’Dengan Kebersamaan Kita Bangun Desa Sumbermulyo Di Segala Bidang’’ ini memang sebuah perayaan besar desa sumbermulyo yang selalu dinanti-nati kedatangannya setiap tahun.Maka dari itu,tidaklah heran jika sejak pagi hari seluruh elemen masyarakat baik dari desa sumbermulyo maupun desa-desa disekitarnya tumplek blek (berkumpul) dibalai desa untuk menonton hiburan yang disuguhkan.

                  Alhamdulillah,pada perayaan ngruwat desa sumbermulyo 2012 kali ini Paguyuban Jaranan Campursari ‘’TRISNO BUDOYO’’ Dari Pesanggaran Banyuwangi dipercaya untuk menghibur masyarakat sumbermulyo dan sekitarnya.Meskipun organisasi kesenian yang baru berumur jagung karena memang masih berumur 1 Bulan 5 hari sejak diresmikan tanggal 20 Oktober 2012,Tetapi ternyata sambutan masyarakat terhadap paguyuban jaranan campursari ‘’TRISNO BUDOYO’’ Pesanggaran banyuwangi begitu baik.

                  Hal ini dapat kita lihat ketika para penari jaranan beraksi penonton semakin maju untuk menonton lebih dekat sehingga menyulitkan penari jaranan untuk beraksi karena lokasi yang semakin sempit.Bahkan dalam atraksi kali ini para penari jaranan begitu kreatif mulai adanya adegan makan api dan disulut api serta adegan-adegan yang mendebarkan lainnya.

                  Tak terasa waktu berjalan begitu cepat,akhirnya sekitar pukul setengah 5 kesenian jaranan campursari ini berakhir,Meskipun agak kecewa tetapi penonton begitu senang karena merasa terhibur dengan adanya jaranan campursari ‘’TRISNO BUDOYO’’ ini.Mudah-Mudahan kita bisa bertemu kembali di lain waktu masih bersama Paguyuban Jaranan Campursari ‘’TRISNO BUDOYO’’ Pesanggaran Banyuwangi.

SUKSES BUAT

PAGUYUBAN JARANAN CAMPURSARI

‘’TRISNO BUDOYO’’

PESANGGARAN BANYUWANGI

HP : 085 230 545 878 Dan 081 358 172 718

JANGAN LUPA DI SUBSCRIBE DAN DI FOLLOW YA GAESS Youtube : Mas Say Laros Banyuwangi Instagram : @massaylaros Facebook : Mas Say Laros Banyuwangi