Makalah Sejarah Pengumpulan Al-Quran

Pengumpulan Al-Qur’an menurut para ulama adalah salah satu dari pengertian berikut : Pertama: pengumpulan dari arti hifzuhu (menghafalkan dalam hati), Jumma’ul Qur’an artinya Haffazuhu (penghafal-penghafalannya, orang yang menghafalkannya dalam hati). Inilah makna yang dimaksud dalam firman Allah kepada Nabi-nabi untuk senantiasa mengerak-gerakkan kedua bibir dan lidahnya untuk membaca Al-Qur’an.

Kedua: Pengumpulan dalam arti Kitabatuhu kullihi (penulisan Al-Qur’an semuanya) baik dengan memisah-misahkan ayat-ayat dan surat-suratnya atau menertibkan ayat-ayat semata dan setiap surat ditulis dalam satu lembaran secara terpisah, ataupun menertipkan ayat-ayat dan surat-surat dalam lembaran-lembaran yang terkumpul dan menghimpun semua surat, sebagiannya ditulis sesuai bagian yang lain.

Al-qur’an diturunkan selama 20 tahun lebih dan proses penurunannya terkadang hany turun satu ayat dan terkadang turun sampai sepuluh ayat. Setiap kali sebuah ayat turun dihafal di dalam dada dan di tempatkan dalam hati, sebab bangsa Arab secara kodrati memang mempunyai daya hafal yang kuat. Tulisan-tulisan Al-Qur’an pada masa Nabi tidak terkupul dalam satu mushaf, yang ada pada seseorang belum tentu dimiliki orang lain.

LEBIH LENGKAPNYA
DOWNLOAD DISINI
TERIMA KASIH

Satu Tanggapan

  1. Kunjungi Situs Saiful Hadi Lainnya:

    =Informasi Unik,Aneh dan Lucu=
    http://dana-gaib.blogspot.com/

    =Komunitas Islam Kejawen=
    http://ajianleluhur.wordpress.com

    =Dapat Uang Dari Internet=
    http://dana-gaib.blogspot.com/2010/12/cara-cepat-mendapatkan-100-dari-easy.html

    TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN-NYA….
    Jangan Lupa Beri Kritik dan Saran yang sifatnya Membangun untuk Perbaikan Blog ini….Terima Kasih…

    Suka

JANGAN LUPA DI SUBSCRIBE DAN DI FOLLOW YA GAESS Youtube : Mas Say Laros Banyuwangi Instagram : @massaylaros Facebook : Mas Say Laros Banyuwangi