Pelatihan Ta’alumul Qur’an Metode Yanbu’a Bareng Ustadz/Ustadzah TPQ Se Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi

Minggu,27 Januari 2013

Salam Jenggirat Tangi…

Selamat Datang Di Padepokan Mas Say Laros…

                  Untuk meningkatkan kualitas kemampuan Ustad/Ustadzah dalam mengajar santri TPQ. Maka Yayasan Pendidikan Muslimat Nahdlotul Ulama’ (YPMNU) bekerja sama dengan Majlis Silaturrohim Taman Pendidikan Al-Qur’an (MSTPQ) Kecamatan Pesanggaran mengadakan pelatihan Ta’alumul Qur’an bareng Seluruh ustadz-ustadzah dan kepala Taman Pendidikan Al-quran (TPQ) Se-Kecamatan Pesanggaran.

                  Alhamdulillah,Mas say laros turut hadir dalam acara ini bersama Ustadz Solikhin yang juga sama-sama menjadi Pengajar di TPQ Abdul Qodir Sumbermulyo Pesanggaran bersama Mas Say Laros. Acara yang bertempat di Pondok Pesantren (PP) .Minhajussalikin Ringinmulyo Pesanggaran Banyuwangi ini dihadiri puluhan peserta yang tentunya semuanya adalah pengajar TPQ dikecamatan pesanggaran.

                  Pelatihan ta’alumul qur’an bag ustad TPQ ini merupakan acara rutinan setiap tahun dengan menghadirkan berbagai narasumber yang bebeda. Namun untuk awal tahun 2013 ini YPMNU menghadirkan Tutor/Mu’alim yaitu KH.Imam Baghowi Burhan Pengasuh PON-PES Yasinat Jember.

                  dan tema yang di usung pun berupa pengenalan Toriqoh Baca Tulis dan menghafal al-quran metode Yan’bua yaitu sebuah metode pengajaran al-quran dengan sistem baru yang membuat santri TPQ lebih mudah dalam membaca Al-quran.

                  Seperti pada acara-acara terdahulu,Ta’alumul Qur’an ini dimulai pukul 09:00 WIB molor satu jam dari jadwal yang sudah direncanakan yaitu pukul 08:00 WIB dan meskipun demikian masih saja ada beberapa ustadz yang datang terlambat ketika acara sudah dimulai.

                  Acara ini dimulai dengan sambutan-sambutan dari Pengasuh PP.Minhajussalikin dan perwakilan ketua YPMNU banyuwangi.Dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi acara-acara seperti ini karena disamping untuk mempererat tali silaturahim antar ustadz TPQ juga untuk menambah pengetahuan khususnya metode yang akan kita pelajari ini.

                  Nach pada acara inti yang disampaikan oleh KH.Imam Baghowi Burhan, Beliau menyampaikan tentang pentingnya membaca al-quran dengan baik dan benar.Oleh karena itu dengan sangat sabar beliau mengajari para ustadz TPQ untuk melafalkan makhorijul huruf hija’iah serta melatih bagaimana menggunakan metode Yanbu’a dengan baik dan benar sehingga dapat dipahami oleh para santri TPQ.

                  Mudah-mudahan acara yang serupa bisa menjadi sebuah agenda rutinan,Sehingga dapat menambah wawasan pengetahuan bagi para ustadz TPQ dan tentunya jika kualitas SDM Ustad TPQ bagus akhirnya akan berdampak positif bagi anak Didik.Sukses buat semua..

 

JANGAN LUPA DI SUBSCRIBE DAN DI FOLLOW YA GAESS Youtube : Mas Say Laros Banyuwangi Instagram : @massaylaros Facebook : Mas Say Laros Banyuwangi