Kekecewaan Konsumen Brother Foto Malang (Edisi 1)

Kamis,18 Oktober 2012

Salam Jenggirat Tangi…

Selamat Datang Di Padepokan Mas Say Laros…

                  Seakan-akan Sudah menjadi sebuah tradisi disetiap kampus,Jika Moment wisuda datang biasanya wisudawan/wati Foto bersama keluarga dan kadang juga foto bersama sang kekasih.Karena memang moment inilah yang dinanti-nanti oleh semuanya baik dari keluarga maupun wisudawan/wati,Sehingga tidaklah heran jika banyak dari pihak keluarga wisudawan rela datang dari jauh hanya sekedar mengunjungi anaknya/saudaranya yang sedang melaksanakan prosesi wisuda.

                  Begitu juga Mas Say Laros tidak melupakan hari sabtu,13 Oktober 2012 kemarin.Karena pada hari dan tanggal itulah Mas Say Laros melaksanakan prosesi wisuda di kampus Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.Dalam moment bersejarah ini Ayah dan Ibu Mas say laros juga datang ke malang meskipun sebenarnya kondisi Ibu yang tidak fit karena penyakit lambungnya kambuh.Tetapi demi anaknya yang wisuda dia rela datang ke malang dengan kondisi yang demikian.

                  Mengingat ini adalah moment penting maka Mas Say Laros juga ingin seperti temen-temen yang lain yaitu berfoto bersama keluarga.Namun sayangnya moment kebersamaan ini hilang begitu saja karena adanya kesalahan dari pihak Brother Foto yang merupakan salah satu penjual jasa foto di stand wisuda saat itu.

                  Cerita ini bermula saat itu jam menunjukkan pukul 13:00 WIB.Setelah selesai prosesi wisuda Mas Say Laros bersama ayah menuju masjid Ulul Albab yang tidak jauh dari gedung wisuda guna melihat kondisi Ibu yang saat itu sedang berbaring lemah di dalam masjid karena sakit lambungnya kambuh.

                  Meskipun dengan kondisi yang demikian Ibu tetap tersenyum buat anak semata wayangnya ini.Sebenarnya ada banyak stand jasa Foto Wisuda yang bertebaran mulai pintu masuk kampus UIN sampai mendekati lokasi gedung wisuda.Namun karena melihat kondisi Ibu yang berbaring lemah dan tidak kuat berjalan jauh maka saya memutuskan foto keluarga bersama di Stand Foto wisuda tepat sebelah barat masjid ulul albab.

                  Saat itu di stand foto sebelah barat masjid ada dua Background buat foto wisuda yaitu background tirai dan background buku.Seingat Mas Say Laros ada dua orang penjaga stand foto yang satu seorang pria bertubuh kurus dan rambutnya agak panjang dan satunya seorang wanita bertubuh gemuk.

                  Setelah bertanya berapa harga perfoto?Seorang pria kurus yang memegang kamera tadi menjawab ‘’Paket,4X Foto seharga 100.000 jadi per foto seharga 25.000’’ Akhirnya setelah terjadi kesepakatan kita berfoto bersama Untuk foto yang pertama yaitu Mas Say Laros foto sendiri dengan memakai toga lengkap Plus background buku,Foto yang kedua terdiri dari Ayah,Ibu dan Mas Say Laros plus background buku,Foto yang ketiga terdiri dari Mas Say Laros,Ayah,Ibu,Bibi,Pamam,Keponakan Cewek,Kakak plus background Trai sedangkan foto yang terakhir terdiri dari Mas Say Laros,Ayah Ibu dan Keponakan cewek plus background Buku.Setiap habis dipotret kita memang diperlihatkan hasil jepretan oleh Mas Tukang Foto ini dan hasilnya cukup bagus.

                  Ketika semua prosesi foto selesai,Ayah memberikan selembar uang Rp.100.000 kepada Mas Tukang Foto ini sesuai dengan harga kesepakatan awal.Dan dia memberikan kwitansi pembayaran kepada kami,nach disela-sela dia nanya No HP saya (Karena katanya akan dihubungi setelah jadi) Mas Say Laros bertanya ‘’Mas Foto Ini Jadinya Kapan?Dia jawab ‘’Nanti Jam 2 Mas,Atau mas bisa datang dialamat yang ada di kwitansi pembayaran ini (Sambil memberikan kwitansi pembayaran kepada MSL).

                  Seingat aku,Saat itu kami adalah konsumen terakhir dari Mas Tukang Foto ini karena sebelum meninggalkan lokasi,Dia berkata kepada seorang perempuan disampingnya ‘’Ayo wes dikukuti wong wes awan (Mari kita kemasi karena sudah siang)’’ .Hal ini wajar karena saya melihat disekeliling saya sudah sepi dari wisudawan/wati sedangkan pelanggan dia tentu para wisudawan tersebut.

                  Setelah itu sorenya sekitar habis magrib mas say laros mengirim SMS kepada dua nomer HP (0878596877XX dan 0838341426XX) yang tertera dalam kwitansi pembayaran tadi,Inti dari SMS tersebut adalah untuk mengirim Foto di alamat PESMA Darul Hijrah Malang (Sebuah Pesantren Mahasiswa dimana Mas Say Laros sekarang tinggal) dari SMS yang saya kirimkan ke 2 nomer tersebut tidak ada balasan sama sekali.Saya sengaja bersabar untuk menunggu jawabannya.

                  Hari minggu 14 Oktober 2012 di PESMA Darul hijrah ada kiriman foto setelah aku cek bukan milikku tetapi milik teman samping kamarku akhirnya pukul 09:00 WIB saya SMS lagi ke 2 Nomer HP tadi yang intinya menanyakan ‘’Mengapa Fotonya Kok Belum Dikirim karena janjinya jam 2 kemarin sabtu? Setelah 5 menit kemudian HP Mas Say Laros berbunyi karena ternyata ada balasan SMS yang isinya ‘’Nanti Malam ya Mas,Ini Masih Wisuda di UM (Universitas Negeri Malang’’.Aku baru sadar hari minggu ini di UM ada wisuda.Ok aku masih bersabar lagi dan aku tunggu sampai besok hari senin 15 Oktober 2012 gak ada kiriman foto,Selasa 16 Oktober 2012 Juga gak ada kiriman foto,akhirnya aku mulai curiga.jangan-jangan Brother Foto ‘’Jl.Raya Candi V-B yang tercantum dalam kwitansi adalah alamat palsu.

                  Akhirnya aku mencoba SMS yang ketiga kalinya terhadap 2 No HP tersebut pada hari rabu 17 Oktober 2012.Aku masih ingat SMS Mas Say Laros saat itu ‘’Mas,Jl.Raya Candi V-B itu apa disekitar candi badut?’’ SMS ini aku kirim berkali-kali karena sebelumnya aku dapat informasi dari temen-temen MSL katanya alamat ini berada di sekitar Candi Badut yang tentunya jika alamat ini benar tidak jauh dari PESMA mas say laros.

                  Puncaknya hari kamis 18 Oktober 2012,Berbekal alamat yang tertera dalam kwitansi Mas Say Laros mengajak Sahabat Muhtar Fauzi teman satu angkatan yang sama-sama dari banyuwangi untuk mencari alamat Brother Foto ini.Kebetulan Muhtar Fauzi ini dahulunya bertempat di pondok pesantren sabilurosad asuhan KH.Marzuki Mustamar sehingga tidaklah heran jika dia sedikit tau alamat Jl.Raya Candi V-B ini.

                  Hari kamis 18 Oktober 2012 Sekitar pukul 15:00 WIB Mas Say Laros berangkat dari PESMA menuju lokasi selang 10 menit kemudian saya sudah sampai di Jl.Raya Candi tetapi saya harus bertanya sana sini untuk mencari Blok V-B No.XXX.Alhamdulillah dengan ditemani guyuran air hujan yang rintik-rintik akhirnya Mas Say Laros menemukan lokasi Brother Foto ini.

                  Awalnya aku kira BROTHER FOTO ini merupakan tempat foto yang berada di pinggir jalan raya ternyata lokasinya berbeda dengan apa yang aku pikirkan.Karena ternyata BROTHER FOTO Berada digang sempit tepatnya disela-sela perkampungan padat penduduk.

                  Setelah sampai disana,aku hanya melihat dua orang yaitu seorang Ibu yang berbadan agak gemuk dan seorang bapak yang mungkin suaminya.Setelah dipersilahkan masuk kami ditanya oleh seorang Ibu ‘’Mau apa Mas? Ambil foto bu, (jawabku) Dari kampus mana? (Katanya lagi) ‘’Dari kampus UIN? (Jawabku enteng).Setelah selesai bertanya dia mengarahkanku untuk mencari fotoku.Saat itu dia mengambil setumpuk foto dari dalam tas yang aku lihat semuanya foto wisuda dari berbagai kampus mulai wisuda UIN,UM dan Wearnes.Sebelum memberikan setumpuk foto kepadaku tersebut dia sempat bertanya ‘’Sudah lunas khan? aku jawab dengan enteng ‘’Udah bu,kemarin 4X 100.000’’.

                  Setelah itu ibu tersebut menyuruh aku mencari fotoku sendiri.Aku hanya membolak-balik tumpukan foto yang diberikan kepadaku namun dari banyaknya foto yang ada ternyata tidak ada satupun gambarku terpajang disana.Akhirnya setelah mengecek satu persatu tidak ketemu.Ibu tersebut telepon sebentar dengan seseorang selang beberapa menit kemudian Ibu tersebut berkata ‘’Kalau fotonya tidak ada disini mungkin ada di MAS FERY,karena kemarin memang fotonya gabungan antara disini (Brother foto) dengan saudara Fery

JANGAN LUPA DI SUBSCRIBE DAN DI FOLLOW YA GAESS Youtube : Mas Say Laros Banyuwangi Instagram : @massaylaros Facebook : Mas Say Laros Banyuwangi