Jalan-Jalan Ke Lokasi Penambangan Emas PT.Indo Multi Niaga Di Desa Pesanggaran Banyuwangi

Sabtu,03 September 2011

Salam Persahabatan…

Bagaimana Kabarnya Sahabat Mas Say Laros?

Akhir-akhir ini banyuwangi selatan khususnya wilayah gunung tumpang pitu kecamatan pesanggaran kabupaten banyuwangi bergejolak.Hal ini dikarenakan diwilayah ini telah dilakukan penambangan emas legal oleh PT.Indo Multi Niaga (IMN) sekitar satu tahun yang lalu,Masyarakat sekitar menuntut agar supaya penambangan emas ini dibatalkan maka tidaklah heran jika sejak pertama kali proses penambangan berlangsung selalu ada gejolak antara pihak IMN dengan Masyarakat dan aparat.Bahkan beberapa waktu yang lalu ada sekitar dua orang yang ditembak aparat setempat ketika terjadi chaos antara masyarakat dan aparat.

Sejak awal ketika wilayah gunung tumpang pitu ini diketahui masyarakat jika memiliki kandungan emas yang cukup tinggi,Masyarakat wilayah pesanggaran dan beberapa berasal dari luar daerah berbondong-bondng untuk mencari emas dengan cara menambang secara ilegal.Berawal dari proses penambangan ilegal yang dilakukan masyarakat ini menimbulkan polemik yang berkepanjangan dikalangan masyarakat dan aparat maupun dinas perhutanan karena memang lokasi penambangan ini sudah masuk kawasan perhutani.

Nach,kebetulan rumah MAS SAY LAROS berada diwilayah kecamatan pesanggaran banyuwangi.Jadi,Jarak tempuh lokasi penambangan emas ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu sekitar 15 menit dari rumahku.Lumayan dekat memang,Jadi tak heranlah jika bertepatan dengan moment liburan hari raya idul fitri 1432 Hijriah kali ini saya menyempatkan berkunjung kelokasi penambangan ini.

Bersama dengan tiga orang temanku yang lain aku mencoba berkunjung kelokasi penambangan,karena terakhir aku kesana sekitar delapan bulan yang lalu pada saat liburan kampus.Lokasi penambangan ini dekat dengan wisata pantai pulau merah jadi disamping terdapat aktifitas penambangan yang ada disana banyak juga masyarakat lokal yang datang hanya untuk berwisata bersama orang-orang terdekatnya.

Memang ada perubahan yang sangat signifikan ketika belum ada aktifitas penambangan dan setelah ada aktifitas penambangan oleh PT IMN.Akses Jalan menuju lokasi penambangan ini telah dibangun dengan vaving sehingga mobil yang lewat bisa lebih mudah disamping itu jembatan menuju lokasi penambangan juga telah dibangun pada tahun 2010 lalu,meskipun sederhana tetapi dengan adanya jembatan ini akses masuk bisa lebih efisien.

Sepanjang jalan masuk menuju lokasi tambang terlihat berbagai atribut PT IMN terpasang dimana-mana mulai bendera,stempel perusahaan pada tong sampah,makam,papan peringatan sampai basecamp para karyawan dan tempat parkirpun tak luput dari incaran atribut perusahaan.Dari kejauhan terlihat pesawat helikopter mondar-mandir diatas lokasi tambang yang terletak diarea hutan tumpang pitu ini untuk membantu jalannya proses pertambangan,Mulai membawa material sampai alat-alat pertambangan yang dibutuhkan.

Jika mas say laros melihat proses pertambangan ini ternyata membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar bagaimana tidak?Seorang juru masak yang hanya lulusan SMP saja bisa mendapatkan gaji sebesar tiga juta/bulan.Bahkan ada yang mendapatkan gaji sampai 20 juta/bulan memang ini adalah sinyal positif bagi masyarakat sekitar yang ingin berkonstribusi positif bagi perusahaan bisa ikut bergabung dengan perusahaan ini dan tentunya juga harus sesuai dengan kriteria yang dihharapkan.Mudah-mudahan jalan-jalanku ke penambangan emas tumpeng pitu kali ini bisa menjadi sebuah perjalanan yang sangat berharga.

4 Tanggapan

  1. lihatlah pakaian penari gandrung, mahkotanya dari emas.,tapi emas sepuh. jangan anggap sepele dari emas. pencemaran penambangan dari emas bukan berasala dari emasnya, tapi dari cara olahnya. banayk cara olah emas yang ramah lingkungan. besarnya kerajaan blam,bangan,hingga berani melaswan majapahit ,karena blambangan punya emas. begitu pula ken arok. berani melawan kerajaan kediri karena di tumapel ada emasnya.jika banyuwangi ingin bertahan peradabannya,, kuasai emas itu.

    Suka

  2. emas punya pengqruh besar bagi peradaban. contoh mesir, besar nya peradaban dari emas. kalau masyarakat banyuwangi tidak menguasai emas, maka peradaban banyuwangi terancam punah.

    Suka

  3. Untuk sementara ini masyrakat skitar masih menikmati hasil tmbang msikpun itu hanya sbagian…tetapi itu memang yang kita khawatirkan bersama..jangan2 jangka panjang permasalahan tmbang seperti di papua.

    Suka

  4. y mas tp apakah btul2 masyrakat skitar m”nikmati dr hsil p”tmbangan emasx?pikirx jg hr bsok mas anak cucu kt apakah mreka ntar bs m”rasax jg.

    Suka

JANGAN LUPA DI SUBSCRIBE DAN DI FOLLOW YA GAESS Youtube : Mas Say Laros Banyuwangi Instagram : @massaylaros Facebook : Mas Say Laros Banyuwangi