Tri Dharma Priksa,Sebuah Perjalanan Hidup Pengikut Kejawen

Rabu,26 Oktober 2011

Salam Persahabatan…

Bagaimana Kabarnya Sahabat Mas Say Laros?

Sebagai orang yang mengagumi ajaran islam kejawen Mas Say Laros tidak pernah bosan-bosan untuk saling berbagi dan sharing tentang ajaran peninggalan leluhur yang penuh makna ini.Salah satu dari sekian ajaran islam kejawen adalah sebuah konsep perjalanan hidup yang terangkup dalam tiga kata yaitu ‘’TRI DHARMA PRIKSA’’ .Mungkin bagi sebagaian orang istilah ini merupakan sebuah istilah yang asing bagi kita namun sebenarnya ini adalah sebuah istilah yang udah biasa jalankan oleh para pelaku pencari ilmu sejati.

Istilah ini disebut Tri Dharma Priksa karena memiliki arti tiga (Tri),jalan hidup (dharma), tahu (priksa). Jadi Tri Dharma Priksa itu sendiri bermakna tiga jalan hidup yang harus diketahui. Yang dimaksud dengan jalan hidup di sini adalah merupakan adanya 3 unsur dalam tubuh manusia yang perlu diketahui kebutuhannya.

Ketiga unsur ini melekat pada tubuh manusia sampai seseorang itu kembali kepada kang nguwasani jagad yaitu gusti allah swt.So,apakah ketiga unsur tersebut?Yaitu adalah RAGA,BATIN dan SUKMA.Kenapa harus ketiga unsur tersebut yang harus kita perhatikan kebutuhannya?Karena memang dalam ajaran tri dharma priksa RAGA,BATIN dan SUKMA adalah sebuah unsur yang sangat urgen sekali,Melihat pentingnya unsur ini tidaklah heran dalam ajaran kejawen unsur ini sangat diperhatikan kebutuhannya.Lantas,Apa saja kebutuhan yang harus kita penuhi dalam RAGA,BATIN dan SUKMA?

Pertama adalah Raga,Mengapa demikian?Karena raga ini adalah unsur pada manusia yang memiliki kebutuhan terbilang paling banyak.Kebutuhan yang ada pada raga yaitu diantaranya: Perlu makan, Minum, Berpakaian, Menikah, Mobil, Jabatan dan sebagainya.Nach,sebenarnya banyaknya kebutuhan raga ini memang disengaja oleh Tuhan agar supaya manusia bisa memenuhi kebutuhannya didunia yang sudah diseting dengan berbagai kenikmatan ini.Jika ia tahan dengan godaan dunia maka ia akan menjadi pribadi yang baik begitu juga sebaliknya.

Kedua adalah batin,Meskipun batin ini juga mempunyai kebutuhan yang tidak sedikit seperti kebutuhan Raga namun yang membedakan porsi kebutuhan batin ini lebih bersikap abstrak,tidak bisa dilihat tetapi bisa kita rasakan.Contohnya,kebahagiaan,ketenangan dan nikmatnya beribadah kepada Tuhan kang nguwasani jagad.

Ketiga adalah sukma,Sukma merupakan unsur terakhir yang mempunyai kebutuhan khusus dan unik.Yang membedakan kebutuhan sukma dengan kebutuhan lainnya adalah terletak pada kebutuhannya yang double need.Yaitu kebutuhan untuk tinggal didalam raga atau saatnya untuk meninggalkan raga yaitu KEMATIAN.So,kebutuhan sukma inilah yang menentukan manusia itu sedang Hidup atau telah kembali kepada Gusti Allah.

Dari ketiga unsur tersebut ketiganya saling berkorelasi antar satu dengan lainnya.Hubungannya bisa dikatakan sangat erat dalam arti ketika kebutuhan Raga terganggu,Maka batin akan merasa sakit dan kemungkinan sukma tidak akan betah lagi tinggal didalam raga.

So,apa hikmah dari semua ini?Gusti Allah menciptakan ketiga unsur ini dalam tubuh manusia bertujuan agar supaya Manusia mengenali Tuhan-NYA.Dengan kita kenal dengan sejatining urip ini yaitu dari mana kita berasal,untuk apa kita dilahirkan dan akan kemana kita setelah mati maka sebenarnya kita sudah mengenal dan berusaha dekat dengan GUSTI PENGERAN.Mudah-mudahan kita selalu diberi kekuatan dan istiqomah dalam beribadah kepada GUSTI ALLAH.Amien..

Ditulis Dikamar C2 Pesantren Mahasiswa ‘’Darul Hijrah’’ Merjosari Malang

Pukul 06:34 WIB

JANGAN LUPA DI SUBSCRIBE DAN DI FOLLOW YA GAESS Youtube : Mas Say Laros Banyuwangi Instagram : @massaylaros Facebook : Mas Say Laros Banyuwangi