Makalah Neosufisme (Sufisme Modern) dan Perkembangannya

1.1       Latar Belakang Masalah

Di tengah gelombang arus modernisasi dan sekularisasi, tuntutan terhadap spiritualitas tampaknya mengalami perkembangan. Hal ini tercermin dari maraknya kajian terhadap spiritualisme. Spiritualisme tersebut dalam perkembangannya mengalami dinamisasi yang beragam, termasuk pada sisi implementasi ajaran.
Kerinduan pada spiritualisme tampaknya melanda beberapa masyarakat yang terhitung terdidik secara modern.

Dimensi batin ini dalam fitrahnya memang membutuhkan semacam terapi dalam menghadapi akumulasi kejenuhan dan kekeringan jiwa. Hal inilah yang antara lain memunculkan tuntutan terhadap pentingnya spiritualisme. Salah satunya adalah melalui tasawuf.

Kekuatan tasawuf mampu membangkitkan kesadaran dan nuansa pembebasan masyarakat Muslim. Kecenderungan demam tasawuf di perkotaan kian menunjukkan peningkatan. Kursus-kursus tasawuf seringkali menarik minat yang tinggi.Apakah ini indikasi dari gerakan neo-sufisme?

Oleh karena itu melalui makalah ini penulis akan memaparkan tentang fenomena neosufisme maka dari itu penulis sepakat memberikan judul makalah ini ‘’Neosufisme (Sufisme Modern) dan Perkembangannya”.

1.2       Rumusan Masalah

Dalam makalah ini penulis memberikan rumusan masalah sebagai berikut:

1)      Bagaimanakah Sekilas perjalanan tasawuf?

2)      Apakah pengertian Neo-sufisme?

3)      Bagaimana sejarah lahirnya Neo-sufisme?

4)      Bagaimana karakteristik Neo-sufisme?

5)      Bagaimana Pandangan tokoh tarekat masa kini terhadap Neo-sufisme?

LEBIH LENGKAP

DOWNLOAD

DISINI

 

 

 

 

 

 

JANGAN LUPA DI SUBSCRIBE DAN DI FOLLOW YA GAESS Youtube : Mas Say Laros Banyuwangi Instagram : @massaylaros Facebook : Mas Say Laros Banyuwangi