Cara Mengetahui Ciri-Ciri Telur Palsu Dari China

Awas Telur palsu Asal China beredar di Indonesia.

Sebagai bunda yang peduli kesehatan dan usaha di bidang kuliner harus berhati-hati dengan telur palsu ini, jangan mudah tergiur harga murah. Yuk kenali ciri-cirinya.

Terus terang soal teknologi/kimia bangsa Cina memang jago-jago. Untuk mainan atau barang elektronik, mereka sudah mengungguli AS. Tapi soal makanan/buah, kecerdasan mereka patut kita waspadai mengingat sebelumnya mereka juga pernah mencampur zat melamine yang berbahaya pada susu sehingga bisa didapat susu yang murah. Mereka bahkan bisa membuat anggur, tahu, dan telur palsu dari bahan kimia yang berbahaya. Telur palsu buatan mereka harganya 1/10 dari harga telur asli! Dan tampilan serta rasa nyaris tidak beda dengan telur asli:

Gara-gara tulisan seorang Kompasianer tentang telor ayam negeri di sulap jadi telor ayam kampung (terjadi di Indonesia), lalu ada yg memberi tanggapan bahwa di China ada telor ayam palsu. Penasaran masa sih telor bisa di palsuin? Cari sana sini ketemu juga nih cara pembuatan telor ayam palsu. Hati hati ya bagi yang sering pergi ke China jgn sampai makan telor ayam palsu..katanya sih lebih enak tapi kesehatan kan lebih dari segalanya.

Inilah perbedaan telor asli dan palsu :

* Telur palsu jika di pecahkan merah dan putih telur langsung bercampur karena di buat dari bahan mentah yang sama.

* Telur palsu kulitnya lebih mengkilap tapi biasanya tak terlalu nyata perbedaannya

* Telur palsu jika di kocok akan terdengar seperti ada air didalamnya

* Telur asli agak berbau amis

* Ujung telur asli jika di ketuk terdengar nyaring.

* Ketika di goreng, merah telur yg palsu langsung tercampur tanpa di aduk.

Bahan dasar yg di gunakan utk membuat telor palsu ini adalah sodium alginate, pewarna makanan, gelatin ( Bisa dari Babi) , dan bahan2 kimia lainnya seperti glucolactone, calsium chloride. Dari 1 kg sodium alginate dapat menghasilkan 150 kg telur palsu. Keuntungan yg sangat besar jika di bandingkan menjual 1 kg telur ayam asli. Disamping itu telur palsu anti busuk dan tahan lama karena menggunakan bahan pengawet.

Beberapa bahan kimia yg di campurkan utk membuat telur palsu ini amat berbahaya misalnya

Calsium chloride ( utk membuat kulit telur) , alum (sejenis bahan pelembut) , benzoic acid ( bahan pengawet) , cellulose dapat menyebabkan kerusakan syaraf, gangguan metabolisme hingga kerusakan hati.

Hati hatilah jika makan telur , siapa tahu telur palsu sudah di import ke Indonesia. Banyak pedagang yang hanya memikirkan keuntungan semata tanpa peduli pada kesehatan pembeli.

Sumber: Vivanews, kaskus, Kompasiana

Iklan

PIN BBM Mas Say Laros 5FC71F82

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: