Teks Pidato “Berbakti Kepada Orang Tua”

Yang terhormat dewan juri, para hadirin serta teman-temanku yang berbahagia

Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Birrulwalidain! What it is Birrulwalidain? tentu hubungannnya dengan orang tua.

Bapak Emak! Ayah Ibu! Papa Mama! atau yang mulai ngetren sekarang, karena imbas sinetron Papi…. Mami…..! gimanapun kita memanggil! Gimanapun kita menyebut! tapi itu semua tetap orang tua. Bukan Papi Maminya yang penting teman-teman, tapi apa? Kewajiban untuk….? untuk apa teman-teman?Untuk Birrulwa….walidain Loyal For Both of Parent! Berbakti kepada kedua orang tua!

Taman-teman yang ku cintai….

Why are we shall loyal for of parent? Kenapa kita harus berbakti kepada kedua orang tua? Coba kita renungkan! Coba kita ingat! Yang mengandung kita? Ibu! Yang melahirkan? Ibu! Yang menyusui?Ibu!  yang merawat juga I…Ibu! ibu merawat kita tanpa merasa lelah dan resah. Sedang Ayah! Mencari nafkah dan rizki yang halal! Dari pagi sampai sore bahkan sampai malam hari! Meski panas terik matahari membakar kulit, meski hujan membasahi tubuh, mereka tidak menghiraukan! Semuanya demi a…..anak yaitu kita semua! betul nggak teman-teman? (Kok bengong!/kok diam saja! betul nggak?)

Allah swt. telah menjadikan birrilwalidain sebagai suatu kewajiban yang harus kita lakukan, beriringan dengan pengESAan dan penyembahan kepada Allah SWT. Firman Allah Swt. Q.S. Al Isro’ ayat 23:

                                         “Dan tuhanmu telah memerintahkan”  (memerintahkan apa maksud ayat di sini?)

                                                              “Dan tuhanmu telah memerintahkan, supaya kamu jangan menyembah selain Dia”. berarti! kita disuruh untuk menyembah Allah SWT, tidak boleh menyekutukan atau menyamakan dengan sesuatu apapun yaitu dengan jalan menegakkan kalimah                                             .

Contoh dengan jalan! Shalat! mengaji yang rajin, birrulwa….walidain! berbakti orang tua dan masih banyak amalan baik lainya

                                                       .  “Dan hendaklah kamu berbuat baik kepada kedua orang tuamu dengan sebaik-baiknya”  berarti setiap ucapan kita, sikap kita maupun perilaku kita, harus yang berakhlakul ka….karimah baik di sekolah, di masyarakat, demi menjaga nama baik keluarga terutama nama baik Ayah Ibu.

Teman-temanku yang berbahagia…….

 How are the ways to loyal for both of parents? Bagaimana cara berbakti kepada kedua orang tua kita? Tentunya kita harus berusaha untuk tidak menyakiti keduanya! kita lagi asyik nonton TV atau lagi asyik bermain! Lalu ayah kita bilang:”Nak…..! tolong ambilkan minuman kopi ayah di atas meja sebentaaaar saja!” jangan sampai kita menjawab:”Wa…h Ayah! Ayahkan bisa ambil sendiri! Aku lagi nonton TV! tanggung Yah!

Dan satu lagi yang kita tidak boleh lupa! Apa itu? Pray for parents mendo’akan kedua orang tua! Gimana bunyi do’anya? Mari bersama-sama:

Nah teman-temanku……… semoga kita menjadi anak yang sholeh-sholehah! sesuai, dengan apa yang diharapkan! diidam-idamkan, oleh kedua orang tua kita! A…..Amin! Ya Rabbal ‘Alamiin.

Akhirnya bila ada yang kurang berkenan di hati, saya mohon maaf, sekian terima kasih.

Billaahi Taufiq Wal Hidayah Warridlo wal Inayah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads

PIN BBM : 7CD885B5 == BBM CHANNEL : C0028060A

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 62 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: