Jalan-Jalan Ke Masjid Ajaib Turen Bersama IKASMALA Malang

 

 

 


Minggu, 23 Oktober 2011

Salam Persahabatan…

Bagaimana Kabarnya Sahabat Mas Say Laros?

Masjid Tiban, demikian masyarakat menyebutnya. Sebuah masjid besar yang penuh dengan keagungan dan keindahan. Masjid Tiiban merupakan sebuah masjid yang terletak didaerah Turen Kabupaten Malang, tepatnya berada diarea pondok pesantren Biharu Bahri’Asali Fadlaailir Rahmah Jl.Anggur Rt 27 Rw 06 Sananrejo Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Masjid ini disebut ini disebut sebagai Masjid Tiban dikarenakan anggapan masyarakat yang sekitar yang mengisukan bahwa masjid ini tiba-tiba ada.

Hal inilah yang mungkin menjadikan banyak orang yang penasaran untuk melihat dan membuktikan keberadaan masjid ini. Sehingga tak heran jika diarea masjid ini dapat anda temui banyak orang yang datang untuk berwisata sembari mengobati rasa penasaran mereka akan asal usul masjid ini termasuk Mas Say Laros sendiri.

Bertepatan hari Minggu, 23 Oktober 2011 ini Mas Say Laros bersama temen-temen alumni SMA AL-HIKMAH Muncar Banyuwangi (IKASMALA Chapter Malang) mencoba membuktikan keagungan masjid yang kata masyarakat mempunyai keunikan tersendiri ini.Selama ini memang saya sering mendengar dari berbagai cerita jika masjid ini sangat bagus dan ketika browsing-browsing di internet memang sangat megah.Namun,semua butuh pembuktian dan alhamdulilah Allah SWT memberikan kesempatan kepada Mas Say Laros untuk melihat salah satu keagungan rumah ibadah umat muslim ini.

Acara rekreasi ini merupakan sebuah agenda tahunan setiap akhir kepengurusan IKASMALA chapter malang.Disamping itu tujuan dari agenda ini agar supaya ikatan emosional antar alumni masih bisa tetep terjalin dengan baik.Sekitar pukul 09:00 WIB kita berangkat bersama-sama ke masjid tiban menggunakan kendaraan Line LG.Sebenarnya anggota IKASMALA itu terdiri sekitar 30-an orang lebih namun sayangnya pada kesempatan kali ini hanya sembilan orang saja yang bisa hadir untuk rekreasi bareng.Satu jam perjalanan berlalu,Akhirnya lokasi yang ditunggu-tunggu sampai juga.

(Foto bersama temen IKASMALA di lantai 8)

Masjid ini sendiri mulai dibangun pada pada tahun 1991 dan sampai saat ini pembangunan Masjid Tiban ini belum bisa dikatakan rampung. Namun hal yang menarik yang perlu Anda ketahui dibalik pembanguna kompleks masjid tiban ini adalah tentang tidak adanya perencaan. Hal ini dikarenakan karena pembangunan masjid yang meliputi bentuk bangunan dan segala ornamen yang ada didalamnya merupakan petunjuk dari sang Kholiq, malalui sholat istiqoroh yang dilakukan oleh Romo Yai di Masjid itu. Ini kami dapatkan ketika kami berbincang dengan salah satu pekerja lapangan yang sudah cukup lama bekerja disana.

Beliau menuturkan pada kami bahwa anggapan masyarakat tentang keberadaan masjid yang dianngap mistis, ada secara tiba-tiba dan dianggap tidak diketahui waktu pembuatannya oleh masyarakat merupakan anggapan yang keliru. Beliau menuturkan bahwa semua yang ada dimasjid Tiban ini merupakan hasil dari proses pembangunan yang sudah dumulai sejak 1991.

(Narsisme Temen IKASMALA)

Terlepas dari anggapan masyarakat tentang masjid Tiban ini, ada beberapa kekaguman yang kami dapatkan ketika kami mengunjungi tempat tersebut. Yang pertama adalah tentang kemegahan yang kami tangkap ketika pertama kali memasuki area masjid ini. Memang masjid ini masih dalam taraf pembangunan, namun bayangan akan hal ini sudah terasa ketika kami masuk kearea masjid menuju ke area parkir. Kedua adalah tentang masalah ketenaga kerjaan yang mana semua proses pembangun masjid ini dilakukan oleh santri dimasjid tersebut. Kemudian adalah masalah pendanaan.

Pendanaan juga dilakukan oleh para jamaah pondok tersebut tanpa adanya campur tangan pihak luar. Dituliskan pula dalam salah satu pedoman pembanguna masjid tersebut bahwa dalam membagun masjid tersebut dilarang adanya sikap meminta-minta, sikap tomak dan Tidak hutang. Meskipun demikian jika Anda berkunjung kesana anda tidak perlu untuk mengeluarkan uang sepeserpun atau gratis. Bahkan narasumber tersebut juga mengatakan bahwa pengunjung pun bisa bermalam disana tanpa dikenai biaya apapun.

Hal lain yang perlu Anda ketahui tentang masjid ini adalah proses pembangunan yang dilakukan secara ramah lingkungan. Bahkan ada salah satu bagian dari masjid tersebut yang sengaja dibuat dengan posisi menghindari sebuh pohon kelapa. Hal ini dimaksudkan untuk tetap menjaga pohon tersebut tetap hidup dan tidak perlu menebangnya.

Masjid ini terdiri dari lantai 10 yang dapat anda jelajahi dengan menggunakan lift ataupun dengan melalui anak tangga yang telah disediakan. Pada lantai dasar yang, pintu masuk dibuat berlorong dan dihiasi dengan lampu yang memberikan kesan tersendiri. Disalah satu lantai Anda bisa menemukan toko yang menjual makanan ringan serta toko cinderamata. Pada lantai sembilan Anda dapat melihat pemandangan yang indah baik itu didalam komplek atau diluar kompleks pendok pesantren.

Puas menjelajahi masjid hingga lantai sembilan Anda bisa keluar dan menjelajahi toko yang menjual bermacam-macam cinderamata. Anda juga bisa mendapatkan kaset VCD yang berisikan tentang pondok Pesantren Biharu Bahri’Asali Fadlaailir Rahmah. Selain itu disalah satu tempat terdapat area yang digunakan khusus untuk satwa, seperti kera, burung cenderawasih, rusa, burung kakatua, ayam bekantan dan beberapa macam satwa lainnya.

Jika Anda pertama kali mengunjungi tempat ini Anda akan diberikan kartu masuk yang nantinya harus Anda serahkan ke bagian informasi sekaligus mengambil kartu untuk keluar. hal ini dimaksudkan untuk kemanan.

Akses menuju lokasi sangatlah mudah untuk dijangkau dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda 4. Meskipun demikian publikasi tentang adanya masjid ini sangatlah kurang. Sehingga tidak semua orang tahu layaknya tempat-tempat wisata lainnya yang ada di Indonesia.

Oleh karena itu dengan melalui blog Mas Say Laros ini setidaknya Mas Say Laros ingin ikut mempromosikan tentang kemegahan masjid tiban ini melalui dunia maya.Kalau kita ingin menjelajahi seluruh lokasi akan membutuhkan waktu yang cukup banyak sedangkan kita dibatasi hanya sampai jam 13:30 Saja.Oleh karena itu setelah berbelanja souvenir dan makanan dilantai 8 maka kita menyempatkan sholat dhuhur terlebih dahulu,Lalu acara yang terakhir go-home dah…hehehe..Mudah-mudahan Hari ini menjadi hari yang penuh barokah bagi Mas Say Laros.

About these ads

6 Tanggapan

  1. yo’opo to ,mas,, kok akehan foto wong-e..hehehe

    • Biasa blajar narsis..hehehe

  2. share peta prjalnan ksanany… cpt

  3. Wooiy Bagus bgt Masjidnya.
    Ya Allah ini lah Sesungguhnya Kebesaranmu&Engkau lah Maha Kuasa atas Segala-galanya.

    • maha besar allah..

    • masuk ke masjid emang ada batasanya om kalau bisa di buka 24 jam biar banyak org yang datang

PIN BBM : 7CD885B5 == BBM CHANNEL : C0028060A

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 61 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: